Rabu, 18 Maret 2009

Algoritma Kode Pascal Perkalian Matriks

algoritma pascal ya ya ..
mata kuliah yang membosankan bagi saya yang membuat otak saya cepet cape.cepet emosional hehe.karena memang sedikit membingungkan untuk para calon-calon IT pemula seperti saya yang baru lulus dari bangku sekolah SMA.karena kita disini harus membuat logika-logika kita atau yang lebih dikenal algoritma.saya sendiri belum begitu mengerti tentang pascal itu sendiri.saya hanya mengikuti langkah algoritma yang saya terapkan untuk saya sendiri.Disini saya akan membuat contoh
Algoritma Pascal Perkalian Matriks
.
Mungkin ini hanya terapan saya saja.kalau terjadi kesalahan harap dimaklumi,jika anda lebih baik dari saya.saya harap anda bisa membetulkan dan membenari.
oke langsun aja contohnya nii dia :

program perkalian_matriks;
uses crt;

const n_i=2;
n_j=2;
n_k=1;

var
A: array [1..n_i,1..n_j] of integer;
B: array [1..n_j,1..n_k] of integer;
C: array [1..n_i,1..n_k] of integer;
i,j,k:integer;
begin
clrscr;
writeln(’penetapan nilai matriks A’);

for i:=1 to n_i do
for j:=1 to n_j do
begin

write(’baris ke-’,i,’kolom ke-’,j,’ :’);
readln(A[i,j]);
end;

writeln(’penetapan nilai matriks B’);

for j:=1 to n_j do
for k:=1 to n_k do
begin

write(’baris ke-’,j,’kolom ke-’,k,’ :’);
readln(B[j,k]);
end;
writeln(’Perhitungsn sedang dilakukan ..’);
for i:= 1 to n_i do
for k:= 1 to n_k do
begin
C[i,k] :=0;

for j:= 1 to n_j do
C[i,k] := C[i,k]+A[i,j] * B[j,k];
end;
writeln(’Maka nilai matriks C’);

for i:=1 to n_i do
begin
for k:=1 to n_k do
write(C[i,k]:4);
writeln;

end;

readln;
end.


cukup ini saja dulu mungkin dapat membantu anda semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terimakasih atas commentnya